Informasi

Jika berminat dengan daftar judul PTK/PTS/PTKp di blog ini silakan anda menghubingi kami......baik lewat SMS atau Telp langsung......
Kami Juga Menerima pembuatan Dupak desertai dengan PTK sampai selesai sesuai dengan data siswa dan guru di sekolah Bapak atau Ibu

Selasa, 05 November 2013

PTK Guru 005



PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)

PENERAPAN METODE BELAJAR AKTIF GABUNGAN CERAMAH DAN KERJA KELOMPOK UPAYA MEMBANTU SISWA MENGINGAT KEMBALI MATERI PELAJARAN MATEMATIKA KELAS  ………..  SEKOLAH…………… TAHUN PELAJARAN ……..




Oleh :

………………………..
NIP. ................................................




PEMERINTAH KABUPATEN ………………
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH………………….
TAHUN………….

PENGESAHAN

Penlitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan judul : ” Penerapan Metode Belajar Aktif Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok Upaya Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Kelas  ……….  Sekolah………. tahun pelajaran ………tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikan pada Perpustakaan ……..  Kabupaten  ……… Propinsi ……... Pada :  
                       


Hari / Tanggal       : ……. 
Bulan                     : …….
Tahun                    : ……



Pengelola Perpustakaan
……………………..




_____________________
Penyusun





……………………
NIP. ..............................


Mengetahui

Kepala ……………..




……………………..
NIP. ………………………



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan serangkaian kegiatan penelitian Tindakan Kelas dan menuliskan laporan hasil pelaksanaannya dengan judul:Penerapan Metode Belajar Aktif Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok Upaya Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Kelas  ………..  …………. tahun pelajaran …………….
Adapun tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas  ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam penetapan angka kredit dalam jabatan fungsional bagi guru.  
Penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian penulisan penelitian tindakan kelas ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan berbagai pihak.Untuk itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang setulus tulusnya dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada :
1.      Kepala ..........
2.      Rekan rekan Guru ......................   
3.      Siswa Kelas ......................
Penulis menyadari, apa yang disajikan dalam laporan PTK  ini tentunya masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat dihargai. Demi perbaikan tugas tugas di masa yang akan datang.
Demikian semoga penelitian tindakan kelas ini bermanfaat bagi pembaca.  Amiin.


…………… , …………………

 Peneliti




……………………
 NIP. .....................



DAFTAR ISI

1.      Halaman Judul
2.      Halaman Pengesahan
3.      Kata Pengantar
4.      Daftar Isi
5.      Daftar Tabel
6.      Abstrak
7.      BAB I : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Penelitian
D.    Manfaat Penelitian
8.      BAB II : KAJIAN TEORI
A.    Definisi Pembelajaran
B.     Tinjauan Tentang Prestasi Belajar
C.     Faktor Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
D.    Bagaimana menjadikan siswa aktif sejak awal
E.     Bagaimana menjadikan belajar tidak terlupakan
F.      Sepuluh strategi untuk membentuk kelompok kecil
G.    Kerja Kelompok
H.    Hakekat Pembelajaran Matematika
I.        Hipotesis Tindakan
9.      BAB III : METODE  PENELITIAN.................................................................        27
A.    Tempat, Waktu dan Subyek Penelitian
B.     Rancangan Penelitian
C.     Variabel Penelitian
D.    Sumber Data dan Teknik Pengumpulan Data
E.     Indikator Keberhasilan
F.      Teknik Analisis Data
G.    Jadwal Pelaksanaan Penelitian
10.  BAB IV  : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Paparan Data dan Temuan Penelitian
B.     Analisis Hasil Kegiatan
C.     Pembahasan Hasil Penelitian
11.  BAB V : PENUTUP
A.    Simpulan
B.     Saran – Saran
12.  DAFTAR PUSTAKA
13.  LAMPIRAN

DAFTAR TABEL


1
TABEL 3.1    :
Jumlah dan nama siswa kelas ...............................................

2
TABEL 3.2    :
Jadwal Pelaksaan Penelitian..................................................

3
TABEL 4.1    :
Tabel Distribusi Nilai tes Matematika dengan Menerapkan  Model belajar aktif gabungan Metode Ceramah dan Kerja Kelompok   Pada  Siklus I…………………………………

4
TABEL 4.2    :
Tabel Distribusi Nilai tes Matematika dengan Menerapkan  Model belajar aktif gabungan Metode Ceramah dan Kerja Kelompok   Pada  Siklus II..................................................

5
TABEL 4.3   :
Tabel Distribusi Nilai tes Matematika dengan Menerapkan  Model belajar aktif gabungan Metode Ceramah dan Kerja Kelompok   Pada  Siklus III..................................................

6
TABEL 4.4   :
Analisis Hasil Tes Tentang Pembelajaran Matematika dengan menerapkan model belajar aktif  gabungan metode ceramah dan kerja kelompok  Sebelum dan Sesudah diberi Tindakan...............................................................................


DAFTAR LAMPIRAN


1
LAMPIRAN : 1
Surat ijin penelitian........................................................
68
2
LAMPIRAN : 2
Surat Keterangan............................................................
69
3
LAMPIRAN : 3
Daftar hadir siswa dalam kegiatan penelitian................
70
4
LAMPIRAN : 4
Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Aktif  Gabungan Ceramah  Dan Kerja Kelompok...................
73
5
LAMPIRAN : 5
Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Aktif  Gabungan Ceramah  Dan Kerja Kelompok...................
76
6
LAMPIRAN : 6
Foto - foto kegiatan selama penelitian...........................
78

ABSTRAK

PENERAPAN METODE BELAJAR AKTIF GABUNGAN CERAMAH DAN KERJA KELOMPOK UPAYA MEMBANTU SISWA MENGINGAT
KEMBALI MATERI PELAJARAN MATEMATIKA KELAS ……………………………. TAHUN PELAJARAN …………….

Oleh :
………………………..



Salah satu metode pengajaran yang bisa membuat anak bisa dan harus mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka terima adalah cara belajar aktif model pembelajaran Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok  Kesulitan pada materi pelajaran.

Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang hanyalah kegiatan belajar aktif.

Agar belajar manjadi aktif, siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka haru menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud).

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui Metode Belajar Aktif Model Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok dalam membantu siswa mengingat kembali materi pelajaran matematika. Sehingga, diharapkan untuk kedepannya prestasi belajar siswa bias meningkat dengan maksimal.

Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi siswa  dengan mencapai standar ideal. Dari 54,50% pada siklus I, dapat meningkat menjadi 69,42 %  pada siklus II, dan siklus ke III  75,47  %.

              Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan penerapan Metode Belajar Aktif Model Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan mencapai 100 %.

               Kata Kunci  :

               Metode belajar aktif gabungan ceramah dan kerja kelompok, peningkatan prestasi belajar siswa, pelajaran Matematika.


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Akhir dari rangkaian proses belajar mengajar adalah tes akhir suatu mata pelajaran yang dilakukan melalui tes formatif, tes akhir semester, tes akhir semester atau tes ujian akhir sekolah (UAS) bagi siswa kelas enam sekolah dasar. Di dalam menghadapi tes ujian kenaikan kelas bagi siswa Kelas ......Semester I ..... ...... Tahun Pelajaran ........, siswa ........  perlu adanya refreshing terhadap materi ajar yang telah diterima oleh siswa selama mengikuti proses belajar mengajar.
Bagaimanakah caranya agar siswa tidak melupakan materi pelajaran yang telah diterimanya agar siswa nantinya siap menghadapi ujian kenaikan kelas yang siap atau tidak siap harus mereka hadapi. Bagaimanakah membuat suatu materi ajar agar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Dalam  hal ini guru harus mencari metode untuk mengingatkan segala memori di benak siswa yang telah mereka terima. Guru harus bisa membangkitkan kembali memori itu.
Salah satu metode pengajaran yang bisa membuat anak bisa dan harus mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka terima adalah cara belajar aktif model pembelajaran Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok  Kesulitan pada materi pelajaran.
Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang hanyalah kegiatan belajar aktif.
Agar belajar manjadi aktif, siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka haru menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud).
Bertitik tolak dari latar belakang permasalahan tersebut di atas maka dalam  penelitian ini penulis mengambil judul ; Penerapan Metode Belajar Aktif Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok Upaya Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Kelas ...... ..... .....  Tahun Pelajaran .........”

B. Rumusan Masalah
      Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka masalah yang timbul dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
  1. Bagaimana Penerapan Metode Belajar Aktif Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok Upaya Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Kelas ...... ..... .... Tahun Pelajaran ........ ?
  2. Bagaimana efektivitas Metode Belajar Aktif Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok Upaya Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Kelas ...... ..... ......  Tahun Pelajaran ........ ?

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
  1. Penerapan Metode Belajar Aktif Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok Upaya Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Kelas ...... ..... ......  Tahun Pelajaran .........
  2. Efektivitas Metode Belajar Aktif Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok Upaya Membantu Siswa Mengingat Kembali Materi Pelajaran Matematika Kelas ..... ..... .....  Tahun Pelajaran .........

D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi:
  1. Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika.
  2. Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar