Informasi

Jika berminat dengan daftar judul PTK/PTS/PTKp di blog ini silakan anda menghubingi kami......baik lewat SMS atau Telp langsung......
Kami Juga Menerima pembuatan Dupak desertai dengan PTK sampai selesai sesuai dengan data siswa dan guru di sekolah Bapak atau Ibu

Senin, 04 November 2013

PTK Guru 004





PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM SISWA  KELAS  ………..  SEKOLAH…………… TAHUN PELAJARAN ……..




Oleh :

………………………..
NIP. ................................................




PEMERINTAH KABUPATEN ………………
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH………………….
TAHUN………….

PENGESAHAN

Penlitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan judul : ” Peningkatan Hasil Belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing dalam siswa kelas  ……….  Sekolah………. tahun pelajaran ………tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikan pada Perpustakaan ……..  Kabupaten  ……… Propinsi ……... Pada :  
                       


Hari / Tanggal       : ……. 
Bulan                     : …….
Tahun                    : ……



Pengelola Perpustakaan
……………………..




_____________________
Penyusun





……………………
NIP. ..............................


Mengetahui

Kepala ……………..




……………………..
NIP. ………………………

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan serangkaian kegiatan penelitian Tindakan Kelas dan menuliskan laporan hasil pelaksanaannya dengan judul:Peningkatan Hasil Belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing dalam siswa kelas  ………..  …………. tahun pelajaran …………….
Adapun tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas  ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam penetapan angka kredit dalam jabatan fungsional bagi guru.  
Penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian penulisan penelitian tindakan kelas ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan berbagai pihak.Untuk itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang setulus tulusnya dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada :
1.      Kepala ..........
2.      Rekan rekan Guru ......................   
3.      Siswa Kelas ......................
Penulis menyadari, apa yang disajikan dalam laporan PTK  ini tentunya masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat dihargai. Demi perbaikan tugas tugas di masa yang akan datang.
Demikian semoga penelitian tindakan kelas ini bermanfaat bagi pembaca.  Amiin.


…………… , …………………

 Peneliti




……………………
 NIP. .....................



DAFTAR ISI

1.      Halaman Judul
2.      Halaman Pengesahan
3.      Kata Pengantar
4.      Daftar Isi
5.      Daftar Tabel
6.      Abstrak
7.      BAB I       : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Identifikasi Masalah
C.     Rumusan Masalah
D.    Tujuan Penelitian
E.     Manfaat Penelitian
8.      BAB II      : KAJIAN PUSTAKA
A.    Hasil Belajar Siswa
B.     Hakekat Pembelajaran Pendidikan Jasmani di ….
C.     Model Pembelajaran Role Playing
D.    Hipotesis Tindakan
9.      BAB III    : METODE PENELITIAN
A.    Subyek Penelitian
B.     Setting Penelitian
C.     Rancangan Penelitian
D.    Variabel Penelitian
E.     Sumber Data dan Teknik Pengumpulan Data
F.      Indikator Keberhasilan
G.    Teknik Analisis Data
H.    Jadwal Penelitian
10.  BAB IV    : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Paparan data dan Temuan Penelitian
B.     Analisis Hasil Kegiatan
C.     Pembahasan Hasil Penelitian
11.  BAB V      : PENUTUP
A.    Simpulan
B.     Saran – Saran
12.  DAFTAR PUSTAKA
13.  LAMPIRAN

DAFTAR TABEL
1
TABEL  3.1     :
Jumlah dan nama Siswa kelas …………….…………
23
2
TABEL  32       :
Jadwal Pelaksanaan Penelitian……………………….
30
3
TABEL 41       :
Tabel Distribusi Nilai tes Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Pembelajaran Role Playing  pada Siklus I………………………………………………………
33
4
TABEL 4.2     :
Tabel Distribusi Nilai tes Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Pembelajaran Role Playing  pada Siklus II……………………………………………………..
37
5
TABEL 4.3      :
Tabel Distribusi Nilai tes Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Pembelajaran Role Playing  pada siklus III ………………………………………………………
41
6
TABEL 4.4      :
Analisis Hasil Tes Tentang Pelajaran Penjaskes dalam Meningkatkan Prestasi belajar siswa dengan menerapkan Pembelajaran Role Playing Sebelum Dan Sesudah Diberi Tindakan ………………………
44

DAFTAR LAMPIRAN


1
LAMPIRAN : 1
Surat Ijin Penelitian.....................................................
54
2
LAMPIRAN : 2
Surat keterangan penelitian........................................
55
3
LAMPIRAN : 3
Daftar hadir siswa Dalam kegiatan penelitian...............
56
4
LAMPIRAN : 4
Lembar pengamatan Pengelolaan pembelajaran             dengan Menerapkan Pembelajaran Role Playing..........
58
5
LAMPIRAN : 5
Lembar pengamatan Pengelolaan pembelajaran                 dengan Menerapkan Pembelajaran Role Playing...........
60
6
LAMPIRAN : 6
Foto - foto kegiatan selama penelitian...........................
62

ABSTRAK

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM SISWA ……………………………. TAHUN PELAJARAN …………….

Oleh :
………………………..



Metode pembelajaran bukan semata – mata menyangkut kegiatan pengajar dalam pembelajaran, akan tetapi menitikberatkan pada aktfitas belajar daripada siswa. Sekalipun metode pembelajaran telah banyak dikembangkan di Indonesia, namun penerapannya masih terbatas. Dengan menerapkan beberapa beberapa metode pembelajaran ini sehingga pengajar akan dapat memilih metode yang paling tepat untuk topik tertentu.
Salah satu dari model pembelajaran kooperatif role playing, adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memanfaatkan kecendrungan siswa untuk berinteraksi dalam suatu kelompok dan merupakan salah satu penerapan teori pembelajaran konstruktivis.
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan pembelajaran role playing dalam pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa di ………….  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus dan dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Peningkatkan prestasi siswa,hal ini dapat terlihat pada peningkatan hasil tes kemampuan dan ketrampilan   siswa selama tiga siklus dan tes akhir,  yaitu siklus I  59,63 %, siklus II  68,81  %, siklus III  75,74 % .
Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa  penerapan pembelajaran role playing dalam pendidikan jasmani efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di ………….  dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Jasmani di .........., Model Pembelajaran Role Playing.


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pendidikan memiliki peranan yang sangat penting, yaitu untuk menjamin kelangsungan kehidupan dan perkembangan bangsa itu sendiri. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003:3) pasal 1 yang berbunyi:
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memerlukan guru dan murid karena salah satu unsur dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang merupakan dua bentuk kegiatan yang tidak dapat dipisahkan antar satu dengan lainnya.
Selain itu sekolah sebagai salah satu unsur dalam dunia pendidikan saat ini sedang mengalami perhatian dari berbagai pihak, karena pendidikan sangat diperlukan oleh masyarakat dalam menghadapi kehidupan yang sangat kompleks, di mana pendidikan saat ini terus berbenah diri menemukan cara yang terbaik untuk menemukan hasil yang sesuai dengan tuntutan masyarakat.
Untuk meningkatkan mutu dan hasil belajar dalam pengajaran seorang guru dituntut supaya menguasai dan menerapkan berbagai metode pengajaran terutama dalam pembelajaran pendidikan jasmani.
Selama ini proses pembelajaran pendidikan jasmani  yang ditemui masih secara konvensional, seperti ekspositori, drill atau bahkan ceramah. Proses ini hanya menekankan pada pencapaian tuntutan kurikulum dan penyampaian tekstual semata daripada mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Kondisi seperti ini tidak akan menumbuhkembangkan aspek kemampuan dan aktivitas siswa seperti yang diharapkan. Akibatnya nilai-nilai yang didapat tidak seperti yang diharapkan.
Misalnya sering guru kecewa melihat hasil ulangan harian yang hanya mendapat daya serap kurang dari 60% atau nilai rata-rata kelas kurang dari 5. Kadang-kadang guru merasa prihatin dan ingin memperbaiki keadaan tersebut dengan mencobakan suatu pembelajaran yang belum pernah dilaksanakan, yaitu pendekatan pembelajaran yang akan membuat siswa dapat belajar secara efektif.  
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru dan Kepala ……….., terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut di antaranya rendahnya kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran ini terlihat dari anak kurang aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar pada awal proses pembelajaran. Siswa yang kemampuannya kurang, terlihat belum siap belajar yang ditandai siswa tersebut tidak membawa buku paket dan tidak mengumpulkan pekerjaan rumah.
Dari  uraian di atas ketidaksiapan siswa dalam belajar disebabkan oleh pembelajaran yang selama ini terpusat pada guru. Akhirnya menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Seorang guru harus mampu menerapkan suatu metode yang dapat   memberikan solusi terhadap permasalahan rendahnya motivasi siswa. Menurut Nasution (2001: 67) bahwa metode merupakan cara untuk melakukan sesuatu atau suatu alat bantu untuk mencapai suatu tujuan. Untuk menarik minat peserta didik, maka seorang guru harus pandai memilih metode yang sesuai dengan pokok bahasan yang akan disampaikan. Berhasil tidaknya suatu pengajaran terletak pada metode mengajar yang digunakan oleh pengajar.
Salah satu metode yang tepat dalam menunjang pencapaian tingkat prestasi siswa yang lebih baik adalah bermain peran (role playing) (Djamarah dan Zain, 2002). Metode ini dianggap efektif karena menekankan pada keaktifan siswa dalam memecahkan permasalahan yang telah dipersiapkan dengan terencana oleh guru. Melihat manfaat metode bermain peran, maka secara rutin dalam proses pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Bermain peran pada prinsipnya merupakan metode untuk menghadirkan peran-peran yang ada dalam dunia nyata ke dalam suatu pertunjukan peran di dalam kelas/pertemuan, yang kemudian dijadikan sebagai bahan refleksi agar peserta memberikan penilaian terhadap. Misalnya: menilai keunggulan maupun kelemahan masing-masing peran tersebut, dan kemudian memberikan alternatif pendapat bagi pengembangan peran-peran tersebut. Metode ini lebih menekankan terhadap masalah yang diangkat dalam pertunjukan, dan bukan pada kemampuan pemain dalam melakukan permainan peran hikmah yang mendalam (prinsip, nilai, atau pelajaran-pelajaran). Wilayah perubahan yang dipengaruhi adalah ranah sikap-nilai.
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, pennulis perlu melakukan penelitian tindakan untuk mencari dan menerapkan suatu model pembelajaran alternatif yang mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran pendidikan jasmani melalui penelitian dengan judul: “ Peningkatan Hasil Belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing dalam siswa ………. Tahun Pelajaran …….”
B.     Identifikasi Masalah
Dari uraian tersebut di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat diidentifikasi sebagai berikut :
Siswa …………. dalam kegiatan pembelajaran masih rendah terutama dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran penjaskes, disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor guru dan faktor siswa. Dari faktor guru, yaitu (1) Penjelasan materi yang disampaikan guru sulit dipahami oleh siswa; (2) Teknik mengajar yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Faktor dari siswa, yaitu (1) Kurangnya minat siswa untuk mengikuti pembelajaran; (2) Kurangnya pemahaman siswa tentang materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Untuk mengatasi masalah pertama yang terdapat pada guru, sebaiknya metode atau teknik pembelajaran yang selama ini digunakannya diubah. Selain itu, guru lebih banyak berbahasa dengan siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami serta memberikan kesempatan untuk bertanya.
Sedangkan, untuk mengatasi masalah faktor siswa yang kurang berminat mengikuti proses belajar mengajar, guru sebaiknya memberikan arahan dan pengertian kepada siswa bahwa pentingnya peningkatan prestasi dalam pembelajaran dalam kehidupan mereka.
Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pendekatan pembelajaran yang dibuat oleh guru. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang tidak maksimal dan kurang terprogram dapat mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Oleh karena itu, seharusnya guru memilih metode, teknik, dan media yang sesuai dengan materi pembelajaran, peran guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas perlu ditingkatkan sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar. Hal tersebut menuntut guru agar lebih saksama melaksanakan program pengajaran serta memilih pendekatan pembelajaran  yang cocok menarik sehingga memperoleh hasil belajar yang optimal.
C.    Rumusan Masalah
Dari uraian tersebut di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
  1. Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing dalam siswa kelas ………….. Tahun Pelajaran …………. ?
  2. Bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan Hasil Belajar  pendidikan jasmani siswa kelas …………..  Tahun Pelajaran ………..  ?
D.    Tujuan Penelitian
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sebagai berikut:
1.      Peningkatan Hasil Belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing dalam siswa kelas …….. Tahun Pelajaran ……….
2.      Efektivitas penerapan model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan Hasil Belajar  pendidikan jasmani siswa kelas …………. Tahun Pelajaran ……..
E.     Manfaat penelitian
Hasil ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1.      Bagi siswa
Siswa lebih partisipatif dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani
2.      Bagi guru
a.       Selain menambah pengalaman dalam penggunaan model pembelajaran juga membuat pengajaran pendidikan jasmani menjadi lebih efektif.
b.      Bagi guru penjaskes Bisa mencoba model pembelaaran rol playing dalam pembelajaran pendidikan jasmani.
c.        Dapat  menjadi inspirasi pengetahuan untuk menemukan model pembelajaran yang lainya dalam pendidikan jasmani.
3.      Bagi sekolah
Adanya peningkatan kualitas pembelajaran dan pengajaran yang berakibat terhadap peningkatan kualitas siswa dan guru, sehingga pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas sekolah secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar