Informasi

Jika berminat dengan daftar judul PTK/PTS/PTKp di blog ini silakan anda menghubingi kami......baik lewat SMS atau Telp langsung......
Kami Juga Menerima pembuatan Dupak desertai dengan PTK sampai selesai sesuai dengan data siswa dan guru di sekolah Bapak atau Ibu

Senin, 04 November 2013

PTK Guru 003







PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DENGAN PENERAPAN METODE DEMONSTRASI SISWA  KELAS  ………..  SEKOLAH…………… TAHUN PELAJARAN ……..




Oleh :

………………………..
NIP. ................................................




PEMERINTAH KABUPATEN ………………
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH………………….
TAHUN………….

PENGESAHAN

Penlitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan judul : ” Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dengan Penerapan Metode Demonstrasi siswa kelas  ……….  Sekolah………. tahun pelajaran ………tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikan pada Perpustakaan ……..  Kabupaten  ……… Propinsi ……... Pada :  
                       


Hari / Tanggal       : ……. 
Bulan                     : …….
Tahun                    : ……



Pengelola Perpustakaan
……………………..




_____________________
Penyusun





……………………
NIP. ..............................






Mengetahui

Kepala ……………..




……………………..
NIP. ………………………


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan serangkaian kegiatan penelitian Tindakan Kelas dan menuliskan laporan hasil pelaksanaannya dengan judul:Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dengan Penerapan Metode Demonstrasi siswa kelas  ………..  …………. tahun pelajaran …………….
Adapun tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas  ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam penetapan angka kredit dalam jabatan fungsional bagi guru.  
Penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian penulisan penelitian tindakan kelas ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan berbagai pihak.Untuk itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang setulus tulusnya dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada :
1.      Kepala ..........
2.      Rekan rekan Guru ......................   
3.      Siswa Kelas ......................
Penulis menyadari, apa yang disajikan dalam laporan PTK  ini tentunya masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat dihargai. Demi perbaikan tugas tugas di masa yang akan datang.
Demikian semoga penelitian tindakan kelas ini bermanfaat bagi pembaca.  Amiin.


…………… , …………………

 Peneliti




……………………
 NIP. .....................



DAFTAR ISI

1.      Halaman Judul
2.      Halaman Pengesahan
3.      Kata Pengantar
4.      Daftar Isi
5.      Daftar Tabel
6.      Abstrak
7.      BAB I       : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Identifikasi Masalah
C.     Rumusan Masalah
D.    Tujuan Penelitian
E.     Manfaat Penelitian
8.      BAB II      : KAJIAN PUSTAKA
A.    Hasil Belajar Pendidikan Jasmani
B.     Hakekat Pendidikan jasmani di ......
C.     Motode Demonstrasi
D.    Pendidikan Jasmani di ......
E.     Hipotesis Tindakan
9.      BAB III    : METODE PENELITIAN
A.    Subyek Penelitian
B.     Setting Penelitian
C.     Rancangan Penelitian
D.    Variabel Penelitian
E.     Sumber Data dan Teknik Pengumpulan Data
F.      Indikator Keberhasilan
G.    Teknik Analisis Data
H.    Jadwal Penelitian
10.  BAB IV    : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Paparan data dan Temuan Penelitian
B.     Analisis Hasil Kegiatan
C.     Pembahasan Hasil Penelitian
11.  BAB V      : PENUTUP
A.    Simpulan
B.     Saran – Saran
12.  DAFTAR PUSTAKA
13.  LAMPIRAN

 
DAFTAR TABEL
1
TABEL  3.1     :
Jumlah dan nama Siswa kelas ………Pelajaran …….…………
22
2
TABEL  32       :
Jadwal Pelaksanaan Penelitian……………………….
29
3
TABEL 41       :
Tabel Distribusi Nilai tes Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Demonstrasi  pada Siklus I…….
32
4
TABEL 4.2     :
Tabel Distribusi Nilai tes Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Demonstrasi  pada Siklus II……
36
5
TABEL 4.3      :
Tabel Distribusi Nilai tes Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Demonstrasi  pada siklus III ……
40
6
TABEL 4.4      :
Analisis Hasil Tes Tentang Pelajaran Penjaskesi dalam Meningkatkan Prestasi belajar siswa dengan menerapkan Metode Demonstrasi Sebelum Dan Sesudah diberi Tindakan ……………………………
43

DAFTAR LAMPIRAN


1
LAMPIRAN : 1
Surat Ijin Penelitian.....................................................
54
2
LAMPIRAN : 2
Surat keterangan penelitian........................................
55
3
LAMPIRAN : 3
Daftar hadir siswa Dalam kegiatan penelitian...............
56
4
LAMPIRAN : 4
Lembar pengamatan Pengelolaan pembelajaran             dengan Menerapkan Metode Demonstrasi ....................
58
5
LAMPIRAN : 5
Lembar pengamatan Pengelolaan pembelajaran                 dengan Menerapkan Metode Demonstrasi ...................
60
6
LAMPIRAN : 6
Foto - foto kegiatan selama penelitian...........................
62


ABSTRAK

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DENGAN PENERAPAN METODE DEMONSTRASI SISWA ……………………………. TAHUN PELAJARAN …………….

Oleh :
………………………..



Metode pembelajaran bukan semata – mata menyangkut kegiatan pengajar dalam pembelajaran, akan tetapi menitikberatkan pada aktfitas belajar daripada siswa. Sekalipun metode pembelajaran telah banyak dikembangkan di Indonesia, namun penerapannya masih terbatas. Dengan menerapkan beberapa beberapa metode pembelajaran ini sehingga pengajar akan dapat memilih metode yang paling tepat untuk topik tertentu.
Salah satu dari motode pembelajaran kooperatif adalah metode demonstrasi adalah suatu metode pembelajaran kooperatif yang memanfaatkan kecendrungan siswa untuk berinteraksi dalam suatu kelompok dan merupakan salah satu penerapan teori pembelajaran konstruktivis.
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode demonstrasi dalam pendidikan jasmani dapat meningkatkan hasil belajar siswa di ……….  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus dan dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Peningkatkan prestasi siswa,hal ini dapat terlihat pada peningkatan hasil tes kemampuan dan ketrampilan   siswa selama tiga siklus dan tes akhir,  yaitu siklus I  59,84 %, siklus II  68,75  %, siklus III  79,17 % .
Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa  penerapan metode demonstrasi dalam pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa di …….  dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Jasmani, Metode Demonstrasi.



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dalam pembelajaran Pendidikan jasmani banyak guru yang mengeluhkan rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari banyaknya kesalahan siswa dalam mengaplikasikan konsep Pendidikan jasmani sehingga mengakibatkan kesalahan – kesalahan dalam mengerjakan tugas yang diberikan, sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa (skor) baik dalam ulangan harian, ulangan semester, maupun ujian akhir sekolah, padahal dalam pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan jasmani biasanya guru memberikan tugas (pemantapan) secara kontinu berupa latihan. Kondisi riil dalam pelaksanaannya latihan yang diberikan tidak sepenuhnya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep Pendidikan jasmani.
Rendahnya mutu pembelajaran dapat diartikan kurang efektifnya proses pembelajaran. Penyebabnya dapat berasal dari siswa, guru maupun sarana dan prasarana yang ada, minat dan motivasi siswa yang rendah, kinerja guru yang rendah, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai akan menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif. Saat sekarang ini sistem pembelajaran harus sesuai dengan kurikulum yang menggunakan sistem KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jadi pendidikan tidak hanya ditekankan pada aspek kognitif saja tetapi juga afektif dan psikomotorik.
Metode pembelajaran yang kurang efektif dan efisien, menyebabkan tidak seimbangnya kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik, misalnya pembelajaran yang monoton dari waktu ke waktu, guru yang bersifat otoriter dan kurang bersahabat dengan siswa, sehingga siswa merasa bosan dan kurang minat belajar. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik harus selalu meningkatkan kualitas profesionalismenya yaitu dengan cara memberikan kesempatan belajar kepada siswa dengan melibatkan siswa secara efektif dalam proses pembelajaran.
Kompentensi merupakan perpaduan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang di refleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak, (Ashan, 1981) mengemukakan bahwa kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya, sehingga ia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, efektif dan psikomotorik dengan sebaik-baiknya.
Tuntutan akan pendidikan yang berkualitas untuk semua orang tanpa terkecuali akan terus ada seiring perubahan dan perkembangan jaman. Oleh karena itu, upaya inovasi pendidikan sekolah dasar merupakan keharusan yang dilakukan setiap saat dan terus menerus.
Seorang guru mempunyai harapan yang tinggi terhadap peserta didik. Guru mengharap siswa dapat menyerap materi yang diberikan, sehingga pada akhirnya terjadi Change Behaviore (Perubahan-perubahan perilaku) berupa pengetahuan sikap, dan keterampilan yang dimiliki. Hasil belajar berupa perubahan tingkah laku baik berbentuk berpikir, sikap maupun keterampilan melakukan suatu kegiatan tertentu.
Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman bahwa dalam kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani pada umumnya selalu menjadi kurang menarik bagi siswa karena dianggap sebagai pelajaran yang rumit yang memerlukan latihan-latihan, apabila guru yang memberikan materi pelajaran perkalian ini dengan metode hafalan, sehingga membuat murid jauh semakin jenuh.
Maka, peneliti berusaha untuk menemukan dan memilih metode pengajaran yang setepat-tepatnya yang dipandang lebih efektif dari pada metode-metoede lainnya, sehingga kecakapan dan pengetahuan yang diberikan oleh guru benar-benar menjadi milik murid. Salah satu metode yang peneliti gunakan adalah Metode Demonstrasi.
Pembelajaran yang berhasil ditunjukkan oleh dikuasainya materi pelajaran oleh siswa. Tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran biasanya dinyatakan nilai. Pada hasil ulangan pendidikan jasmani menunjukkan rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. Hanya 14 orang dari 30 siswa di kelas …. yang mencapai tingkat panguasaan materi 46,67 % keatas. Untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, penulis melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas.
Berdasarkan uraian  di atas mendorong penulis perlu melakukan perubahan dalam pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan kelas ( PTK ) sebagai upaya perbaikan pembelajaran pendidikan jasmani dengan  judul : Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dengan Penerapan Metode Demonstrasi siswa  Kelas ......  Tahun pelajaran ”.

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut :
1.      Guru dalam melaksanakan pembelajaran tidak menggunakan metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan.
2.      Prestasi belajar siswa dalam pelajaran penjaskes masih rendah, karena guru dalam melaksanakan pembelajaran masih monoton.
3.      Motivasi belajar siswa masih rendah karena cara mengajar guru masih konvensional.
4.      Model mengajar yang dilakukan guru dalam menggunakan metode tidak bervariasi, sehingga siswa merasa jenuh dalam pembelajaran.

C.    Rumusan Masalah
Dari identifikasi masalah di atas maka masalah dalam penelitian tindakan ini dapat dirumuskan  sebagai berikut :
1.      Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dengan Penerapan Metode Demonstrasi siswa  Kelas ......   Tahun pelajaran ?
2.      Bagaimana efektivitas Penerapan Metode Demonstrasi dalam meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani siswa  Kelas ......   Tahun pelajaran ........... ?

D.    Tujuan Penlitian
Tujuan utama yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1.      Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dengan Penerapan Metode Demonstrasi siswa  Kelas ......   Tahun pelajaran ...
2.      Efektivitas Penerapan Metode Demonstrasi dalam meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani siswa  Kelas ......   Tahun pelajaran................

E.     Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagi Siswa
a)      Siswa dapat meningkatkan prestasinya dalam pendidikan jasmani
b)      Siswa dapat meningkatkan motivasinya dalam pembelajaran
c)      Melalui pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi, merupakan sebagai sarana dalam meningkatkan prestasi siswa.
2.      Bagi Guru Pendidikan Jasmani
a)      Dapat dipertimbangkan dalam memilih metode yang tepat pada pendidikan jasmani  terutama dalam meningkatkan prestasi siswa.
b)      Memberikan kemudahan bagi guru pendidikan jasmani dalam menerapkan metode pembelajaran.
c)      Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan strategi  pelatihan bagi guru  dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar