Informasi

Jika berminat dengan daftar judul PTK/PTS/PTKp di blog ini silakan anda menghubingi kami......baik lewat SMS atau Telp langsung......
Kami Juga Menerima pembuatan Dupak desertai dengan PTK sampai selesai sesuai dengan data siswa dan guru di sekolah Bapak atau Ibu

Senin, 04 November 2013

PTK Guru 002




 

PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DENGAN MENERAPKAN  METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG ( DIRECT INSTRUCTION )  SISWA  KELAS  ………..  SEKOLAH…………… TAHUN PELAJARAN ……..




Oleh :

………………………..
NIP. ................................................



PEMERINTAH KABUPATEN ………………
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH………………….
TAHUN………….

PENGESAHAN

Penlitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan judul : ” Peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan  Metode pembelajaran langsung ( direct instruction )  siswa kelas  ……….  Sekolah………. tahun pelajaran ………tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikan pada Perpustakaan ……..  Kabupaten  ……… Propinsi ……... Pada :  
                       


Hari / Tanggal       : ……. 
Bulan                     : …….
Tahun                    : ……


Pengelola Perpustakaan
……………………..




_____________________
Penyusun





……………………
NIP. ..............................






Mengetahui

Kepala ……………..




……………………..
NIP. ………………………

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan serangkaian kegiatan penelitian Tindakan Kelas dan menuliskan laporan hasil pelaksanaannya dengan judul:Peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan  Metode pembelajaran langsung ( direct instruction )  siswa kelas  ………..  …………. tahun pelajaran …………….
Adapun tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas  ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam penetapan angka kredit dalam jabatan fungsional bagi guru.  
Penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian penulisan penelitian tindakan kelas ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan berbagai pihak.Untuk itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang setulus tulusnya dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada :
1.      Kepala ..........
2.      Rekan rekan Guru ......................   
3.      Siswa Kelas ......................
Penulis menyadari, apa yang disajikan dalam laporan PTK  ini tentunya masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat dihargai. Demi perbaikan tugas tugas di masa yang akan datang.
Demikian semoga penelitian tindakan kelas ini bermanfaat bagi pembaca.  Amiin.


…………… , …………………

 Peneliti




……………………
 NIP. .....................
   
DAFTAR ISI

1.      Halaman Judul
2.      Halaman Pengesahan
3.      Kata Pengantar
4.      Daftar Isi
5.      Daftar Tabel
6.      Abstrak
7.      BAB I       : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Identifikasi Masalah
C.     Rumusan Masalah
D.    Tujuan Penelitian
E.     Manfaat Penelitian
8.      BAB II      : KAJIAN PUSTAKA
A.    Hasil Belajar Siswa
B.     Hakekat Pendidikan Jasmani di ……
C.     Model Pembelajaran Langsung ( Direct Istruction )
D.    Hipotesis Tindakan
9.      BAB III    : METODE PENELITIAN
A.    Subyek Penelitian
B.     Setting Penelitian
C.     Rancangan Penelitian
D.    Variabel Penelitian
E.     Sumber Data dan Teknik Pengumpulan Data
F.      Indikator Keberhasilan
G.    Teknik Analisis Data
H.    Jadwal Penelitian
10.  BAB IV    : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Paparan data dan Temuan Penelitian
B.     Analisis Hasil Kegiatan
C.     Pembahasan Hasil Penelitian
11.  BAB V      : PENUTUP
A.    Simpulan
B.     Saran – Saran
12.  DAFTAR PUSTAKA
13.  LAMPIRAN

 DAFTAR TABEL
1
TABEL  3.1     :
Jumlah dan nama Siswa kelas …….  Pelajaran ………
24
2
TABEL  32       :
Jadwal Pelaksanaan Penelitian……………………….
31
3
TABEL 41       :
Tabel Distribusi Nilai tes Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) pada Siklus I…………………………….
35
4
TABEL 4.2     :
Tabel Distribusi Nilai tes Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) pada Siklus II……………………………
39
5
TABEL 4.3      :
Tabel Distribusi Nilai tes Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) pada siklus III …………………………..
43
6
TABEL 4.4      :
Analisis Hasil Tes Tentang Pelajaran Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Hasil belajar siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Langsung   ( Direct Instruction ) Sebelum dan Sesudah Diberi Tindakan …………………………………………….
46

 
DAFTAR LAMPIRAN


1
LAMPIRAN : 1
Surat Ijin Penelitian.......................................................
55
2
LAMPIRAN : 2
Surat keterangan penelitian............................................
56
3
LAMPIRAN : 3
Daftar hadir siswa Dalam kegiatan penelitian...............
57
4
LAMPIRAN : 4
Lembar pengamatan Pengelolaan pembelajaran             Konstruktivis..................................................................
59
5
LAMPIRAN : 5
Lembar pengamatan Pengelolaan pembelajaran                 Konstruktivis..................................................................
61
6
LAMPIRAN : 6
Foto - foto kegiatan selama penelitian...........................
63

 
 
ABSTRAK

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DENGAN MENERAPKAN  METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG ( DIRECT INSTRUCTION )  SISWA ……………………………. TAHUN PELAJARAN …………….

Oleh :
………………………..



Metode pembelajaran bukan semata – mata menyangkut kegiatan pengajar dalam pembelajaran, akan tetapi menitikberatkan pada aktfitas belajar daripada siswa. Sekalipun metode pembelajaran telah banyak dikembangkan di Indonesia, namun penerapannya masih terbatas. Dengan menerapkan beberapa beberapa metode pembelajaran ini sehingga pengajar akan dapat memilih metode yang paling tepat untuk topik tertentu.
Salah satu dari metode pembelajaran langsung ( direct instruction) adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memanfaatkan kecendrungan siswa untuk berinteraksi dalam suatu kelompok dan merupakan salah satu penerapan teori pembelajaran konstruktivis.
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode pembelajaran langsung ( direct instruction ) dalam pendidikan jasmani dan faktor motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa di ………………dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus dan dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Peningkatkan prestasi siswa,hal ini dapat terlihat pada peningkatan hasil tes kemampuan dan ketrampilan   siswa selama tiga siklus dan tes akhir,  yaitu siklus I  59 %, siklus II  68  %, siklus III  75,50 % .
Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa  penerapan metode pembelajaran langsung   ( direct instruction ) dalam pendidikan jasmani terhadap hasil belajar di …………………  dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci :Hasil Belajar Siswa, Hakekat Pendidikan Jasmani di ....., Metode Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ).



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dalam rangka memasuki era globalisasi dan otonomi daerah sekarang ini, persaingan dari segi kemampuan manusia terutama dari penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin ketat. Oleh karena itu masyarakat Indonesia harus berupaya mengejar atau mengenyam pendidikan setinggi – tingginya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Undang – Undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional                          ( SISDIKNAS ) , menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan sistem pendidikan nasional, menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan Undang – Undang untuk itu seluruh komponen bangsa wajib mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan salah satu tujuan negara Indonesia.
Berbicara tentang olah raga di Indonesia, maka kita harus menyadari bahwa Indonesia masih jauh ketinggalan dalam bidang prestasi olah raga di forum internasional. Dalam mengejar ketertinggalan tersebut maka sudah sewajarnya kalau kita memiliki suatu landasan strategi pembinaan yang terpola dengan sasaran atau target prestasi olah raga di tingkat uinternasional karena prestasi olah raga suatu bangsa menunjukkan taraf kesehjahteraan kebesaran bangsa tersebut diantara bangsa lainnya (Mutohir, 1992:2).
Dengan pembinaan yang terpola tentunya diarahkan pada pencapaian prestasi puncak pada suatu cabang olahraga yang harus diraih dengan usaha yang sistematik dan terencana. Untuk mengejar ketinggalan prestasi olahraga ditingkat internasional dan untuk meningkatkan layanan profesional guna peningkatan dan pengembangan olahraga di Indonesia maka penguasaan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi serta yang menunjang dan penerapannya di bidang olahraga mutlak diperlukan.
Metode pembelajaran bukan semata – mata menyangkut kegiatan pengajar dalam pembelajaran, akan tetapi menitikberatkan pada aktfitas belajar daripada siswa. Sekalipun metode pembelajaran telah banyak dikembangkan di Indonesia, namun penerapannya masih terbatas. Dengan menerapkan beberapa beberapa metode pembelajaran ini sehingga pengajar akan dapat memilih metode yang paling tepat untuk topik tertentu. Seperti diketahui bahwa terdapat beberapa metode pembelajaran dalam pendidikan jasmani maupun pendidikan olahraga, adalah: a) Metode pembelajaran langsung, b) Metode pembelajaran tidak langsung, c) Metode pembelajaran induktif dan d) Metode pembelajaran deduktif  (Lutan, 1988:412).
Salah satu dari metode di atas adalah metode pembelajaran langsung     ( direct instruction ) adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memanfaatkan kecendrungan siswa untuk berinteraksi dalam suatu kelompok dan merupakan salah satu penerapan teori pembelajaran konstruktivis.
Berdasarkan pengamatan dan hasil wawancara penulis dengan 4 orang pangajar mata pelajaran penjaskes, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan dasar bermain bola volly siswa di ...... Negeri 1 Sugiyo Kab.Lamongan   masih rendah rendah, hal ini masih jauh dari apa yang diharapkan. Penulis berasumsi bahwa rendahnya tingkat penguasaan keterampilan dasar bermain bola volly tidak lepas dari faktor – faktor berikut: (1) terbatas sarana dan prasarana, (2) alokasi waktu yang terbatas, (3) latar belakang pendidikan, (4) bakat yang dimiliki, (5) antromentrik, (6) tingkat kebugaran jasmani, dan (7) yang paling esensial penggunaan metode pembelajaran.
Terlepas dari faktor – faktor yang mempengaruhi, maka hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja. Untuk itu perlu kiranya dilakukan suatu penelitian tentang faktor – faktor yang paling dominan yang menimbulkan permasalahan tersebut di atas. Agar menemukan alternatif pemecahan yang maksud, peneliti merasa tertarik dan ingin mencoba menerapkan metode pembelajaran yang yang inovatif, dikaitkan dengan hasil belajar yang dicapai siswa.
Sehubungan dengan hal di atas maka penulis perlu melakukan penelitian tindakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan judul penelitian yaitu : “ Peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan  Metode pembelajaran langsung ( direct instruction )  siswa kelas …....... …. tahun pelajaran …...

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut :
1.      Prestasi belajar siswa masih rendah karena guru masih menggunakan metode mengajar yang konvensional.
2.      Guru dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani tidak menggunakan metode yang bervariasi, sehingga aktivitas siswa rendah dalam belajar.
3.      Guru dalam melaksanakan pembelajaran dalam memilih dan menggunakan  metode tidak sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan sehingga tujuan yang telah ditetapkan tidak dapat dicapai.
C.    Rumusan Masalah
Dari uraian dan identifikasi masalah di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan  sebagai berikut:
1.      Bagaimana Peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan  Metode pembelajaran langsung ( direct instruction )  siswa kelas ...... tahun pelajaran…. ?
2.      Bagaimana efektivitas Metode pembelajaran langsung ( direct instruction )  dalam  meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas ...... tahun pelajaran. ?
D.    Tujuan Penelitian
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1.      Peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan  Metode pembelajaran langsung ( direct instruction )  siswa kelas …. tahun pelajaran…. .
2.      Efektivitas Metode pembelajaran langsung ( direct instruction )  dalam  meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas ….. tahun pelajaran…. 

E.     Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagi Siswa
a)      Siswa dapat meningkatkan prestasinya dalam pendidikan jasmani
b)      Siswa dapat meningkatkan motivasinya dalam pembelajaran
c)      Melalui metode pembelajaran langsung ( dirict instruction ) ,merupakan sebagai sarana dalam meningkatkan prestasi siswa.
2.      Bagi Guru Pendidikan Jasmani
a)      Dapat dipertimbangkan dalam memilih metode yang tepat pada pendidikan jasmani  terutama dalam meningkatkan prestasi siswa.
b)      Memberikan kemudahan bagi guru pendidikan jasmani dalam menerapkan metode pembelajaran.
c)      Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan strategi  pelatihan bagi guru  dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar