PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
(PTK)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR
PENDIDIKAN JASMANI DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG ( DIRECT INSTRUCTION ) SISWA KELAS ……….. SEKOLAH…………… TAHUN PELAJARAN ……..
Oleh :
………………………..
NIP. ................................................
PEMERINTAH KABUPATEN ………………
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH………………….
TAHUN………….
PENGESAHAN
Penlitian
Tindakan Kelas ( PTK ) dengan judul : ” Peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan Metode pembelajaran langsung ( direct instruction ) siswa kelas ………. Sekolah………. tahun pelajaran ………” tidak dipublikasikan, tetapi
didokumentasikan pada Perpustakaan …….. Kabupaten
……… Propinsi ……... Pada :
Hari / Tanggal : …….
Bulan : …….
Tahun : ……
Pengelola Perpustakaan
……………………..
_____________________
|
Penyusun
……………………
NIP. ..............................
|
Mengetahui
Kepala ……………..
……………………..
NIP. ………………………
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat
menyelesaikan serangkaian kegiatan penelitian Tindakan Kelas dan menuliskan laporan hasil pelaksanaannya
dengan judul: “Peningkatan hasil belajar pendidikan
jasmani dengan menerapkan Metode pembelajaran
langsung ( direct instruction ) siswa kelas ……….. …………. tahun pelajaran …………….”
Adapun tujuan dilakukan penelitian
tindakan kelas ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat
dalam penetapan angka kredit dalam jabatan fungsional bagi guru.
Penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian
penulisan penelitian tindakan kelas ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan berbagai pihak.Untuk itu pada
kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang setulus tulusnya dan
penghargaan yang setinggi tingginya kepada :
1. Kepala ..........
2. Rekan rekan Guru ......................
3. Siswa Kelas ......................
Penulis
menyadari, apa yang disajikan dalam laporan PTK
ini tentunya masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran
yang bersifat konstruktif sangat dihargai. Demi
perbaikan tugas tugas di masa yang akan datang.
Demikian
semoga penelitian tindakan kelas ini bermanfaat bagi pembaca. Amiin.
…………… , …………………
Peneliti
……………………
NIP. .....................
DAFTAR ISI
1. Halaman Judul
2. Halaman Pengesahan
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Daftar Tabel
6. Abstrak
7. BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Rumusan Masalah
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian
8. BAB II : KAJIAN PUSTAKA
A. Hasil
Belajar Siswa
B. Hakekat
Pendidikan Jasmani di ……
C. Model
Pembelajaran Langsung ( Direct Istruction
)
D. Hipotesis Tindakan
9. BAB III : METODE PENELITIAN
A. Subyek Penelitian
B. Setting Penelitian
C. Rancangan Penelitian
D. Variabel Penelitian
E. Sumber Data dan Teknik
Pengumpulan Data
F. Indikator Keberhasilan
G. Teknik Analisis Data
H. Jadwal Penelitian
10. BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Paparan data dan Temuan
Penelitian
B. Analisis Hasil Kegiatan
C. Pembahasan Hasil Penelitian
11. BAB V : PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran – Saran
12. DAFTAR PUSTAKA
13. LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
1
|
TABEL
3.1 :
|
Jumlah dan nama Siswa kelas ……. Pelajaran ………
|
24
|
2
|
TABEL 32
:
|
Jadwal Pelaksanaan Penelitian……………………….
|
31
|
3
|
TABEL 41 :
|
Tabel
Distribusi Nilai tes Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) pada Siklus I…………………………….
|
35
|
4
|
TABEL 4.2 :
|
Tabel
Distribusi Nilai tes Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) pada Siklus II……………………………
|
39
|
5
|
TABEL 4.3 :
|
Tabel
Distribusi Nilai tes Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) pada
siklus III
…………………………..
|
43
|
6
|
TABEL 4.4 :
|
Analisis Hasil Tes Tentang
Pelajaran Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Hasil
belajar siswa dengan Menerapkan Model
Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) Sebelum dan
Sesudah Diberi Tindakan …………………………………………….
|
46
|
DAFTAR LAMPIRAN
1
|
LAMPIRAN : 1
|
Surat
Ijin Penelitian.......................................................
|
55
|
2
|
LAMPIRAN : 2
|
Surat keterangan penelitian............................................
|
56
|
3
|
LAMPIRAN : 3
|
Daftar
hadir siswa Dalam kegiatan penelitian...............
|
57
|
4
|
LAMPIRAN : 4
|
Lembar pengamatan Pengelolaan pembelajaran Konstruktivis..................................................................
|
59
|
5
|
LAMPIRAN : 5
|
Lembar pengamatan Pengelolaan pembelajaran Konstruktivis..................................................................
|
61
|
6
|
LAMPIRAN : 6
|
Foto - foto kegiatan selama penelitian...........................
|
63
|
ABSTRAK
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN
JASMANI DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN
LANGSUNG ( DIRECT INSTRUCTION ) SISWA ……………………………. TAHUN
PELAJARAN …………….
Oleh
:
………………………..
Metode pembelajaran bukan semata
– mata menyangkut kegiatan pengajar dalam pembelajaran, akan tetapi
menitikberatkan pada aktfitas belajar daripada siswa. Sekalipun metode pembelajaran
telah banyak dikembangkan di Indonesia, namun penerapannya masih terbatas.
Dengan menerapkan beberapa beberapa metode pembelajaran ini sehingga pengajar
akan dapat memilih metode yang paling tepat untuk topik tertentu.
Salah satu dari metode pembelajaran
langsung ( direct instruction) adalah suatu model pembelajaran
kooperatif yang memanfaatkan kecendrungan siswa untuk berinteraksi dalam suatu
kelompok dan merupakan salah satu penerapan teori pembelajaran konstruktivis.
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk
mengetahui sejauh mana penerapan metode pembelajaran
langsung ( direct instruction ) dalam pendidikan jasmani dan faktor motivasi
berprestasi terhadap hasil belajar siswa di ………………dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dalam penelitian tindakan
ini dilakukan dalam 3 siklus dan dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti
dapat meningkatkan Peningkatkan prestasi siswa,hal ini dapat
terlihat pada peningkatan hasil tes kemampuan dan ketrampilan siswa
selama tiga siklus dan tes akhir, yaitu
siklus I 59
%, siklus II 68 %, siklus III
75,50 % .
Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan metode
pembelajaran langsung ( direct
instruction ) dalam
pendidikan jasmani terhadap hasil belajar di ………………… dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci :Hasil Belajar Siswa, Hakekat
Pendidikan Jasmani di ....., Metode Pembelajaran
Langsung ( Direct Instruction ).
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dalam rangka memasuki era globalisasi dan otonomi daerah sekarang ini,
persaingan dari segi kemampuan manusia terutama dari penguasaan ilmu
pengetahuan dan teknologi semakin ketat. Oleh karena itu masyarakat Indonesia
harus berupaya mengejar atau mengenyam pendidikan setinggi – tingginya untuk
meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Undang – Undang No. 20 tahun 2003
tentang sistem pendidikan nasional ( SISDIKNAS ) ,
menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan sistem pendidikan
nasional, menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan sistem
pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia
dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan Undang – Undang
untuk itu seluruh komponen bangsa wajib mencerdaskan kehidupan bangsa yang
merupakan salah satu tujuan negara Indonesia.
Berbicara tentang olah raga di Indonesia, maka kita harus menyadari bahwa
Indonesia masih jauh ketinggalan dalam bidang prestasi olah raga di forum
internasional. Dalam mengejar ketertinggalan tersebut maka sudah sewajarnya
kalau kita memiliki suatu landasan strategi pembinaan yang terpola dengan
sasaran atau target prestasi olah raga di tingkat uinternasional karena
prestasi olah raga suatu bangsa menunjukkan taraf kesehjahteraan kebesaran
bangsa tersebut diantara bangsa lainnya (Mutohir, 1992:2).
Dengan pembinaan yang terpola tentunya diarahkan pada pencapaian prestasi
puncak pada suatu cabang olahraga yang harus diraih dengan usaha yang
sistematik dan terencana. Untuk mengejar ketinggalan prestasi olahraga
ditingkat internasional dan untuk meningkatkan layanan profesional guna
peningkatan dan pengembangan olahraga di Indonesia maka penguasaan berbagai
ilmu pengetahuan dan teknologi serta yang menunjang dan penerapannya di bidang
olahraga mutlak diperlukan.
Metode pembelajaran bukan semata – mata menyangkut kegiatan pengajar dalam
pembelajaran, akan tetapi menitikberatkan pada aktfitas belajar daripada siswa.
Sekalipun metode pembelajaran telah banyak dikembangkan di Indonesia, namun
penerapannya masih terbatas. Dengan menerapkan beberapa beberapa metode
pembelajaran ini sehingga pengajar akan dapat memilih metode yang paling tepat
untuk topik tertentu. Seperti diketahui bahwa terdapat beberapa metode
pembelajaran dalam pendidikan jasmani maupun pendidikan olahraga, adalah: a)
Metode pembelajaran langsung, b) Metode pembelajaran tidak langsung, c) Metode
pembelajaran induktif dan d) Metode pembelajaran deduktif (Lutan, 1988:412).
Salah satu dari metode di atas adalah metode pembelajaran langsung ( direct instruction ) adalah suatu model pembelajaran
kooperatif yang memanfaatkan kecendrungan siswa untuk berinteraksi dalam suatu
kelompok dan merupakan salah satu penerapan teori pembelajaran konstruktivis.
Berdasarkan pengamatan dan hasil wawancara penulis dengan 4 orang pangajar
mata pelajaran penjaskes, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
keterampilan dasar bermain bola volly siswa di ...... Negeri 1 Sugiyo
Kab.Lamongan masih rendah rendah, hal
ini masih jauh dari apa yang diharapkan. Penulis berasumsi bahwa rendahnya
tingkat penguasaan keterampilan dasar bermain bola volly tidak lepas dari
faktor – faktor berikut: (1) terbatas sarana dan prasarana, (2) alokasi waktu
yang terbatas, (3) latar belakang pendidikan, (4) bakat yang dimiliki, (5)
antromentrik, (6) tingkat kebugaran jasmani, dan (7) yang paling esensial
penggunaan metode pembelajaran.
Terlepas dari faktor – faktor yang mempengaruhi, maka hal ini tidak dapat
dibiarkan begitu saja. Untuk itu perlu kiranya dilakukan suatu penelitian
tentang faktor – faktor yang paling dominan yang menimbulkan permasalahan
tersebut di atas. Agar menemukan alternatif pemecahan yang maksud, peneliti
merasa tertarik dan ingin mencoba menerapkan metode pembelajaran yang yang
inovatif, dikaitkan dengan hasil belajar yang dicapai siswa.
Sehubungan dengan hal di atas maka penulis perlu melakukan penelitian
tindakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan judul penelitian yaitu :
“ Peningkatan hasil belajar pendidikan
jasmani dengan menerapkan Metode pembelajaran
langsung ( direct instruction ) siswa kelas …....... …. tahun pelajaran …...“
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas maka dapat diidentifikasi masalah sebagai
berikut :
1.
Prestasi belajar siswa masih
rendah karena guru masih menggunakan metode mengajar yang konvensional.
2.
Guru dalam
melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani tidak menggunakan metode yang
bervariasi, sehingga aktivitas siswa rendah dalam belajar.
3.
Guru dalam
melaksanakan pembelajaran dalam memilih dan menggunakan metode tidak sesuai dengan karakteristik
materi yang diajarkan sehingga tujuan yang telah ditetapkan tidak dapat
dicapai.
C.
Rumusan Masalah
Dari uraian dan identifikasi masalah di
atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: “
1.
Bagaimana Peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan Metode pembelajaran
langsung ( direct instruction ) siswa kelas… ...... … tahun pelajaran…. ?
2. Bagaimana efektivitas Metode pembelajaran langsung ( direct instruction ) dalam meningkatkan hasil
belajar pendidikan jasmani siswa kelas… ...... … tahun pelajaran. ?
D.
Tujuan Penelitian
Tujuan utama
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1.
Peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani dengan menerapkan Metode pembelajaran
langsung ( direct instruction ) siswa kelas… …. … tahun pelajaran…. .
2.
Efektivitas Metode
pembelajaran langsung ( direct
instruction ) dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas… ….. … tahun pelajaran….
E.
Manfaat Penelitian
Manfaat
penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Bagi Siswa
a)
Siswa dapat meningkatkan prestasinya dalam pendidikan jasmani
b)
Siswa dapat meningkatkan motivasinya dalam pembelajaran
c)
Melalui metode pembelajaran langsung ( dirict instruction ) ,merupakan sebagai
sarana dalam meningkatkan prestasi siswa.
2.
Bagi Guru Pendidikan
Jasmani
a)
Dapat dipertimbangkan dalam memilih metode yang tepat pada
pendidikan jasmani terutama dalam
meningkatkan prestasi siswa.
b)
Memberikan kemudahan bagi guru pendidikan jasmani dalam
menerapkan metode pembelajaran.
c)
Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan strategi pelatihan bagi guru dalam rangka meningkatkan prestasi belajar
siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar