Informasi

Jika berminat dengan daftar judul PTK/PTS/PTKp di blog ini silakan anda menghubingi kami......baik lewat SMS atau Telp langsung......
Kami Juga Menerima pembuatan Dupak desertai dengan PTK sampai selesai sesuai dengan data siswa dan guru di sekolah Bapak atau Ibu

Senin, 04 November 2013

PTK GURU 001



 



PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI  DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS SISWA KELAS  ………..  SEKOLAH…………… TAHUN PELAJARAN ……..




Oleh :

………………………..
NIP. ................................................




PEMERINTAH KABUPATEN ………………
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH………………….
TAHUN………….
PENGESAHAN

Penlitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan judul : ” Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani  dengan menerapkan Metode Pembelajaran konstruktivis siswa kelas  ……….  Sekolah………. tahun pelajaran ………tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikan pada Perpustakaan ……..  Kabupaten  ……… Propinsi ……... Pada :  
                       


Hari / Tanggal       : ……. 
Bulan                     : …….
Tahun                    : ……



Pengelola Perpustakaan
……………………..




_____________________
Penyusun





……………………
NIP. ..............................






Mengetahui

Kepala ……………..




……………………..
NIP. ………………………

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan serangkaian kegiatan penelitian Tindakan Kelas dan menuliskan laporan hasil pelaksanaannya dengan judul:Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani  dengan menerapkan Metode Pembelajaran konstruktivis siswa kelas  ………..  …………. tahun pelajaran …………….
Adapun tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas  ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam penetapan angka kredit dalam jabatan fungsional bagi guru.  
Penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian penulisan penelitian tindakan kelas ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan berbagai pihak.Untuk itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang setulus tulusnya dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada :
1.      Kepala ..........
2.      Rekan rekan Guru ......................   
3.      Siswa Kelas ......................
Penulis menyadari, apa yang disajikan dalam laporan PTK  ini tentunya masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat dihargai. Demi perbaikan tugas tugas di masa yang akan datang.
Demikian semoga penelitian tindakan kelas ini bermanfaat bagi pembaca.  Amiin.


…………… , …………………

 Peneliti




……………………
 NIP. .....................



DAFTAR ISI

1.      Halaman Judul................................................................................................................i
2.      Halaman Pengesahan.....................................................................................................ii
3.      Kata Pengantar..............................................................................................................iii
4.      Daftar Isi.......................................................................................................................iv
5.      Daftar Tabel..................................................................................................................vii
6.      Abstrak........................................................................................................................viii
7.      BAB I       : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Identifikasi Masalah
C.     Rumusan Masalah
D.    Tujuan Penelitian
E.     Manfaat Penelitian
8.      BAB II      : KAJIAN PUSTAKA
A.    Hasil Belajara Siswa
B.     Hakekat Pendidikan Jasmani di
C.     Pendekatan Konstruktivis
D.    Hipotesis Tindakan
9.      BAB III    : METODE PENELITIAN.
A.    Subyek Penelitian
B.     Setting Penelitian
C.     Rancangan Penelitian
D.    Variabel Penelitian
E.     Sumber Data dan Teknik Pengumpulan Data
F.      Indikator Keberhasilan
G.    Teknik Analisis Data
H.    Jadwal Penelitian
10.  BAB IV    : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Paparan data dan Temuan Penelitian
B.     Analisis Hasil Kegiatan
C.     Pembahasan Hasil Penelitian
11.  BAB V      : PENUTUP
A.    Simpulan
B.     Saran – Saran
12.  DAFTAR PUSTAKA
13.  LAMPIRAN










DAFTAR TABEL
1
TABEL  3.1      :
Jumlah dan nama Siswa kelas ……….. Pelajaran ……………….……………………………………….
23
2
TABEL  3.2       :
Jadwal Pelaksanaan Penelitian……………………….
29
3
TABEL 4.1        :
Tabel Distribusi Nilai tes Hasil  Belajar Siswa dengan Menerapkan Pendekatan Konstruktivis  pada Siklus I…
32
4
TABEL 4.2        :
Tabel Distribusi Nilai tes Hasil  Belajar Siswa dengan Menerapkan Pendekatan Konstruktivis  pada Siklus II
36
5
TABEL 4.3        :
Tabel Distribusi Nilai tes Hasil  Belajar Siswa dengan Menerapkan Pendekatan Konstruktivis  pada siklus III
40
6
TABEL 4.4        :
Analisis Hasil Tes Tentang Pelajaran Penjaskesi dalam Meningkatkan Prestasi belajar siswa dengan menerapkan Pendekatan Konstruktivis ……………..
43






















DAFTAR LAMPIRAN


1
LAMPIRAN : 1
Surat Ijin Penelitian.......................................................
55
2
LAMPIRAN : 2
Surat keterangan penelitian............................................
56
3
LAMPIRAN : 3
Daftar hadir siswa Dalam kegiatan penelitian...............
57
4
LAMPIRAN : 4
Lembar pengamatan Pengelolaan pembelajaran             Konstruktivis..................................................................
59
5
LAMPIRAN : 5
Lembar pengamatan Pengelolaan pembelajaran                 Konstruktivis..................................................................
61
6
LAMPIRAN : 6
Foto - foto kegiatan selama penelitian...........................
63


























ABSTRAK

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI  DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS SISWA ……………………………. TAHUN PELAJARAN …………….

Oleh :
………………………..



Pelajaran Penjaskes  di ........... merupakan bagian dari Kurikulum Tahun 2006 ( KTSP ). Namun dalam pelaksanaannya para siswa masih kesulitan dalam meningkat prestasinya lebih lagi Penjaskes merupakan mata pelajaran yang lebih banyak praktek, Oleh karena diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi siswa.
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode konstruktivis dalam pendidikan jasmani dan faktor motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa bahan kajian lompat jauh di ……………… dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus dan dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Peningkatkan prestasi siswa, hal ini dapat terlihat pada peningkatan hasil tes kemampuan dan ketrampilan   siswa selama tiga siklus dan tes akhir,  yaitu siklus I  59,67 %, siklus II  69  %, siklus III  75,43 % .
Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa  penerapan metode konstruktivis dalam pendidikan jasmani efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di …………………… dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Jasmani, Metode Konstruktivis











BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan jasmani sebagaimana pelajaran yang di sekolah, memiliki sasaran yang dikenal dengan aspek kognisi, dan psikomotor (Annarino, 1980). Aspek kognisi (thinking) berkenaan dengan perolehan pengetahuan dan penerapannya dalam khidupan sehari – hari. Aspek afeksi (feeling) meliputi peningkatan nilai – nilai sosial dan pengembangan emosional. Aspek psikomotor (doing) meliputi pengembangan keterampilan – keterampilan motorik dan pengembangan kesegaran jasmani (Bucher, 1995).
Pendapat tersebut menunjukkan bahwa program pendidikan jasmani mengarah kepada tercapainya peningkatan kualitas manusia seutuhnya. Dalam kegiatan pendidikan jasmani, anak belajar gerak, belajar tentang gerak, dan belajar melalui gerak. Dari kegiatan ini hasil belajar yang nyata atau langsung dapat diamati dikenal sebagai hasil belajar motorik. Dengan demikian pendidikan jasmani sebagai salah satu bagian dari pendidikan secara umum menitikberatkan pada pengembangan individu siswa melalui kegiatan yang melibatkan aktifitas fisik untuk mencapai tujuan tersebut.
Untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani yang telah ditetapkn, maka pemilihan media metode mengajar suatu proses belajar mengajar merupakan hal yang perlu dipertimbangkan secara seksama. Penggunaan metode yang tepat untuk pengajaran suatu pokok bahasan dalam pembelajaran akan dapat membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Perlu diingat bahwa suatu metode mengajar tidak selalu sesuai untuk mencapai tujuan suatu pokok bahasan yang terdapat dalam kurikulum pendidikan jasmani.
Pemilihan suatu metode tertentu bergantung pada beberapa faktor yang antara lain adalah kemampuan guru untuk melihat tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Hal ini membutuhkan keterampilan dan pengalaman guru. Guru yang berpengalaman akan memilih metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pengalaman tersebut bisa didapat melalui pelaksanaan kegiatan belajar mengajar guru sehari – hari dan dengan menerapkan hasil – hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya.
Selain memperhatikan metode yang digunakan, guru juga perlu memahami aspek psikis siswa. Dengan memahami aspek psikis siswa, maka guru dapat memilih metode mana yang sesuai untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar  (KBM). Atas pemahaman tersebut, maka guru akan dapat melakukan pendekatan yang tepat sesuai dengan tingat pertumbuhan dan perkembangan siswa sehingga suasana pembelajaran akan membangkitkan semangat dan kegairahan siswa dalam belajar.
Beberapa faktor psikis siswa yang sangat berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran yaitu kesiapan, motivasi dan perbedaan individu (Bucher, 1995). Motivasi sebagai salah satu aspek psikis merupakan pendorong bagi seseorang untuk mewujudkan aspirasinya. Demikian pula halnya dengan motivasi berprestasi pada siswa mempunyai arti penting dalam kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani. Oleh karena itu pendidikan jasmani perlu memilih pendekatan – pendekatan yang sesuai dengan siapa yang dihadapi dalam kegiatan belajar – mengajar.
Dalam pelaksanaan pengajaran pendidikan jasmani di sekolah, banyak guru yang masih melaksanakan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani secara klasik dan monoton karena dalam pelaksanaan pembelajaran, guru masih sering melakukan drill tanpa memperhatikan kondisi siswa. Guru masih sering melakukan proses pembelajaran tanpa memperhatikan metode yang digunakan sudah sesuai atau tidak dengan tujuan yang akan dicapai. Masih banyak guru yang masih menerapkan satu metode untuk beberapa sub pokok bahasan. Dengan demikian, siswa yang senang bergerak saja terlihat aktif mengikuti kegiatan. Sedangkan, siswa yang lain (justru lebih banyak) hanya bertindak sebagai partisipan saja. Hal ini terlihat dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sehari – hari, siswa yang senang dengan aktifitas jasmani akan selalu mengikuti instruksi guru apapun bentuknya, sedangkan siswa yang tidak senang hanya akan mengikuti instruksi beberapa kali saja. Selebihnya, mereka hanya duduk atau bermain sendiri di luar instruksi guru.
Kondisi tersebut makin nyata karena guru kurang memperhatikan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar. Guru sering menganggap bahwa siswa selalu antusias dengan materi yang disajikan. Guru kurang mempertimbangkan apakah materi yang disajikan dengan metode tertentu telah sesuai dengan motivasi siswa. Hal ini terlihat dalam keseharian bahwa dengan motivasi rendah hanya akan bertindak sebagai pelengkap saja dan tidak ikut aktif sepanjang episode pembelajaran. Apabila hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka akan menyebabkan banyak siswa makin tidak menyukai pelajaran pendidikan jasmani.
Siswa tidak suka bukan karena materi yang diberikan sulit, namun karena materi yang disajikan tidak dikemas dengan menarik oleh guru dan tidak disesuaikan dengan kondisi siswa.
1.      Dari uraian di atas, dapat dikatakan bahwa pemilihan metode dalam pembelajaran memiliki makna penting sebagi salah satu dasar pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan dengan memperhatikan kondisi psikis siswa, khususnya tingkat motivasi berprestasi siswa pada sub pokok bahasan tertentu belum tentu sesuai untuk sub pokok bahasan lain, apalagi bila dikaitkan dengan tingkat motivasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani. Hal – hal tersebut memunculkan pertanyaan apakah suatu metode dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan tingkat motivasi tertentu memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berpijak pada pertanyaan tersebut, maka dirasa perlu untuk dilakukan penelitian dengan judul:               Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani  dengan menerapkan Metode Pembelajaran konstruktivis siswa kelas …Sekolah….. tahun pelajaran …....”
 
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut :
1.      Gru dalam melaksanakan  pembelajaran tidak menggunakan metode yang relevan dengan materi yang diajarkan, sehingga tujuan pembelajaran tiodap dapat tercapai.
2.      Aktivitas belajar siswa masih rendah karena guru tidak menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah.
3.      Guru dalam melaksanakan pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga proses pembelajarannya yang dilakukan masih monoton.

C.    Rumusan Masalah
Dari identifikasi masalah di atas maka dalam penelitian tindakan ini akan dibatasi pada masalah yang dirumuskan sebagai berikut :
1.      Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani  dengan menerapkan Metode Pembelajaran konstruktivis siswa kelas …Sekolah….. tahun pelajaran …... ?
2.      Bagaimana efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran konstruktivis dalam meningkatkan Hasil Belajar pendidikan jasamani  kelas …Sekolah….. tahun pelajaran ….. ?

D.    Tujuan Penelitian
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1.      Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani  dengan menerapkan Metode Pembelajaran konstruktivis siswa kelas …Sekolah….. tahun pelajaran …....
2.      Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran konstruktivis dalam meningkatkan Hasil Belajar pendidikan jasamani  kelas …Sekolah….. tahun pelajaran …...

E.     Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagi Siswa
a)      Siswa dapat meningkatkan prestasinya dalam pendidikan jasmani
b)      Siswa dapat meningkatkan motivasinya dalam pembelajaran
c)      Melalui pendekatan konstruktivis ,merupakan sebagai sarana dalam meningkatkan prestasi siswa.
2.      Bagi Guru Pendidikan Jasmani
a)      Dapat dipertimbangkan dalam memilih metode yang tepat pada pendidikan jasmani  terutama dalam meningkatkan prestasi siswa.
b)      Memberikan kemudahan bagi guru pendidikan jasmani dalam menerapkan metode pembelajaran.
c)      Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan strategi  pelatihan bagi guru  dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar