PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
(PTK)
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL MAKE A MATCH KELAS ……….. SEKOLAH…………… TAHUN PELAJARAN ……..
Oleh :
………………………..
NIP. ................................................
PEMERINTAH KABUPATEN ………………
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH………………….
TAHUN………….
PENGESAHAN
Penlitian
Tindakan Kelas ( PTK ) dengan judul : ” Peningkatan Prestasi Belajar matematika dengan Menerapkan
Metode Cooperative Learning Model Make A Match Kelas ………. Sekolah………. tahun
pelajaran ………” tidak
dipublikasikan, tetapi didokumentasikan pada Perpustakaan …….. Kabupaten ……… Propinsi ……... Pada :
Hari /
Tanggal : …….
Bulan : …….
Tahun : ……
Pengelola Perpustakaan
……………………..
_____________________
|
Penyusun
……………………
NIP. ..............................
|
Mengetahui
Kepala ……………..
……………………..
NIP. ………………………
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat
menyelesaikan serangkaian kegiatan penelitian Tindakan Kelas dan menuliskan laporan hasil pelaksanaannya
dengan judul: “Peningkatan Prestasi
Belajar matematika dengan Menerapkan Metode Cooperative
Learning Model Make A Match Kelas ……….. …………. tahun
pelajaran …………….”
Adapun tujuan dilakukan penelitian
tindakan kelas ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat
dalam penetapan angka kredit dalam jabatan fungsional bagi guru.
Penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian
penulisan penelitian tindakan kelas ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan berbagai pihak.Untuk itu
pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang setulus tulusnya dan
penghargaan yang setinggi tingginya kepada :
1. Kepala ..........
2. Rekan rekan Guru ......................
3. Siswa Kelas ......................
Penulis
menyadari, apa yang disajikan dalam laporan PTK
ini tentunya masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran
yang bersifat konstruktif sangat dihargai. Demi
perbaikan tugas tugas di masa yang akan datang.
Demikian
semoga penelitian tindakan kelas ini bermanfaat bagi pembaca. Amiin.
…………… , …………………
Peneliti
……………………
NIP. .....................
DAFTAR ISI
1. Halaman Judul
2. Halaman Pengesahan
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Daftar Tabel
6. Abstrak
7.
BAB I :
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
B.
Batasan Masalah
C.
Rumusan Masalah dan Pemecahan Masalah
D.
Tujuan Penelitian
E.
Manfaat Penelitian
8.
BAB II :
KAJIAN PUSTAKA
A. Prestasi Belajar Siswa
B.
Hakekat Pembelajaran Matematika di
C.
Metode Cooperative
Learning Model Make A Match
D.
Kerangka Berpikir
E.
Hipotesis Tindakan
9.
BAB III :
METODE PENELITIAN
A.
Subyek Penelitian
B.
Setting Penelitian
C.
Rancangan Penelitian
D.
Variabel Penelitian
E.
Sumber Data dan Teknik Pengumpulan Data
F.
Indikator Keberhasilan
G.
Teknik Analisis Data
H.
Jadwal Pelaksanaan Penelitian
10. BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Paparan Data dan Temuan Penelitian
B.
Analisis Hasil Penelitian
C.
Pembahasan Hasil Penelitian
11. BAB V : PENUTUP
A.
Simpulan
B.
Saran – Saran
12. DAFTAR PUSTAKA
13. LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
1
|
TABEL 3.1 :
|
Jumlah dan nama siswa kelas……....................................
|
|
2
|
TABEL 3.2 :
|
Jadwal Pelaksanaan Penelitian.........................................
|
|
3
|
TABEL 4.1 :
|
Tabel
Distribusi Nilai tes Pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Metode Cooperative Learning Model Make A Match Pada Siklus I..................
|
|
4
|
TABEL 4.2 :
|
Tabel
Distribusi Nilai tes Pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Metode Cooperative Learning Model Make A Match Pada Siklus II………..
|
|
5
|
TABEL 4.3 :
|
Tabel
Distribusi Nilai tes Pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Metode Cooperative Learning Model Make A Match Pada Siklus III……….
|
|
6
|
TABEL 4.4 :
|
Analisis Hasil Tes Tentang
Pembelajaran Matematika menerapkan Metode Cooperative
Learning Model Make A Match …………………………………………………
|
|
DAFTAR
LAMPIRAN
1
|
LAMPIRAN : 1
|
Surat
Ijin Penelitian.......................................................
|
48
|
2
|
LAMPIRAN : 2
|
Surat Keterangan
Penelitian..........................................
|
50
|
3
|
LAMPIRAN : 3
|
Daftar
hadir Siswa dalam Kegiatan Penelitian………
|
51
|
4
|
LAMPIRAN : 4
|
Lembar
Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Cooperative
Learning Model Make A
Match................
|
53
|
5
|
LAMPIRAN : 5
|
Foto - Foto Kegiatan Selama
Penelitian........................
|
57
|
ABSTRAK
PENINGKATAN
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL
MAKE A MATCH KELAS ……………………………. TAHUN
PELAJARAN …………….
Oleh
:
………………………..
Selama ini fakta yang terjadi dalam pembelajaran Matematika ,
apa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataannya, karena dalam setiap
kegiatan evaluasi, prestasi belajar siswa selalu rendah dan sulit untuk
mencapai KKM. Di .................................... rata-rata dari hasil evaluasi pembelajaran
Matematika , hanya 55% dari 26 siswa yang mencapai KKM (65). Rendahnya prestasi
belajar siswa merupakan indikasi bahwa pembelajaran Matematika selama ini belum dilakukan secara maksimal.
Oleh karena itu sangat penting dilakukan penelitian untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan
menggunakan metode yang tepat yang sesuai dengan karakteristik materi
pembelajaran. Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode Cooperative Learning model Make A Match dalam pembelajaran Matematika ,
sehingga dengan penelitian ini diharapkan prestasi belajar siswa ..................
..................dapat meningkat.
Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah
untuk mengetahui sejauh mana penerapan pembelajaran Cooperative Learning
model Make A Match di ...................
Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari
hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 60,77% pada Siklus l, dapat meningkat
pada siklus 2 menjadi 70,77 % dan siklus 3 mencapai 80,77 % ,dan
secara klasikal telah mencapai ketuntasan.
Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan
pembelajaran dengan Cooperative Learning model
Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa ..................
dengan ketuntasan mencapai 100 %, tanggapan siswa adalah sangat positif
pembelajaran dengan menggunakan Cooperative Learning model Make A Match diterapkan pada siswa di ...................
Kata Kunci
: Prestasi belajar Siswa, Pelajaran Matematika,
Cooperative
Learning model Make A Match
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Matematika
merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa dijenjang
pendidikan dasar dan menengah. Dengan pembelajaran Matematika diharapkan siswa
dapat memiliki sikap peka dan tanggap untuk bertindak secara rasional dan
bertanggung jawab dalam memecahkan masalah dalam kehidupannya. Seorang guru
sekolah dasar harus
dapat memahami dengan benar apa, mengapa, dan bagaimana pelajaran Matematika
........... yang sebenarnya, sehingga dapat mengelolah pembelajaran Matematika
dengan baik untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan.
Selama
ini fakta yang terjadi dalam pembelajaran Matematika, apa yang diharapkan tidak
sesuai dengan kenyataannya, karena dalam setiap kegiatan evaluasi, prestasi
belajar siswa selalu rendah dan sulit untuk mencapai KKM. Di ..................
siswa kelas .......rata-rata dari hasil evaluasi pembelajaran Matematika, hanya
55% dari 26 siswa yang mencapai KKM (65). Rendahnya prestasi belajar siswa
merupakan indikasi bahwa pembelajaran Matematika selama ini belum dilakukan
secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
1.
Metode pembelajaran
yang selalu berpusat pada guru dan tidak bervariasi.
2.
Jarang menggunakan alat
peraga dalam pembelajaran
3.
Rendahnya motivasi dan
minat belajar siswa terhadap pelajaran Matematika.
4.
Beratnya beban materi
dalam pembelajaran Matematika.
Dari beberapa faktor penyebab tersebut, salah satu yang paling berpengaruh adalah penggunaan metode
pembelajaran yang kurang bervariasi dan selalu berpusat pada guru yang menjadi
penyebab utama rendahnya prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika.
Oleh karena itu sangat penting dilakukan penelitian untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode yang
tepat yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran. Dalam hal ini,
peneliti menggunakan metode Cooperative
Learning model Make A Match dalam
pembelajaran Matematika, sehingga dengan penelitian ini diharapkan prestasi
belajar siswa kelas ......................... dapat meningkat.
Berdasarkan hal tersebut perlu melakukan penelitian tindakan dengan judul
penelitian ; “ Peningkatan Prestasi
Belajar matematika dengan Menerapkan Metode Cooperative
Learning Model Make A Match Kelas
....... di .................. Tahun
Pelajaran ........... “.
B.
Batasan
Masalah
Batasan masalah dalam penelitian ini
adalah :
1. Siswa
yang diteliti adalah siswa kelas ......................... Tahun
Pelajaran ............
2. Prestasi
belajar dalam penelitian ini adalah hasil yang diperoleh siswa setelah proses
pembelajaran melalui tes formatif.
3. Metode
Cooperative Learning model Make A Match
dalam penelitian ini adalah salah satu metode dalam pembelajaran yang dalam
penerapannya siswa bekerja secara berpasangan.
C.
Rumusan
Masalah dan Pemecahan Masalah
1. Rumusan Masalah
Dari uraian tersbut di atas, maka
masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
a) Bagaimana
Peningkatan Prestasi Belajar dengan Menerapkan Metode Cooperative Learning Model Make
A Match dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas .......di ..................
Tahun Pelajaran 2010 – 2011 ?
b) Bagaimana
efektivitas penerapan Metode Cooperative
Learning Model Make A Match dalam
meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika kelas .........................
tahun pelajaran ...........?
2. Pemecahan Masalah
Masalah rendahnya prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran Matematika akan diatasi dengan menerapkan metode Cooperative Learning model Make A Match.
Langkah –langkah penerapannya sebagai berikut :
a. Guru
menyiapkan beberapa kartu yang beberapa konsep untuk sisi review, satu bagian
kartu soal dan satu bagian lainnya kartu jawaban.
b. Setiap
siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban.
c. Tiap
siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegangnya.
d. Setiap
siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya.
e. Setiap
siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
f. Jika
siswa tidak dapat mencocokkan kartunya (tidak dapat menemukan kartu soal/kartu
jawaban), akan mendapat hukuman (yang telah disepakati bersama).
g. Setelah
satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapatkan kartu yang berbeda
dari sebelumnya demikian seterusnya.
h. Siswa
juga dapat bergabung dengan dua atau tiga siswa lainnya yang memegang kartu
yang cocok.
i.
Guru bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan terhadap materi pembelajaran.
D.
Tujuan
Penelitian
Tujuan
utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1. Bagaimana
Peningkatan Prestasi Belajar dengan Menerapkan Metode Cooperative Learning Model Make
A Match dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas .........................
Tahun Pelajaran ............
2. Bagaimana
efektivitas penerapan Metode Cooperative
Learning Model Make A Match dalam
meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika kelas .........................
tahun pelajaran ............
E.
Manfaat
Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah :
1. Bagi
Siswa
-
Prestasi belajar siswa
dapat meningkat sesuai KKM
-
Pembelajaran Matematika
menjadi menyenangkan.
2. Bagi
Guru
-
Meningkatkan kemampuan
dan keterampilan guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan
inovatif.
3. Bagi
Sekolah
-
Kualitas pendidikan di ..................
menjadi lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar