Informasi

Jika berminat dengan daftar judul PTK/PTS/PTKp di blog ini silakan anda menghubingi kami......baik lewat SMS atau Telp langsung......
Kami Juga Menerima pembuatan Dupak desertai dengan PTK sampai selesai sesuai dengan data siswa dan guru di sekolah Bapak atau Ibu

Selasa, 05 November 2013

PTK Guru 007

 

PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL MAKE A MATCH KELAS ………..  SEKOLAH…………… TAHUN PELAJARAN ……..




Oleh :

………………………..
NIP. ................................................




PEMERINTAH KABUPATEN ………………
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH………………….
TAHUN………….

PENGESAHAN

Penlitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan judul : ” Peningkatan Prestasi Belajar matematika dengan Menerapkan Metode Cooperative Learning Model Make A Match Kelas ……….  Sekolah………. tahun pelajaran ………tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikan pada Perpustakaan ……..  Kabupaten  ……… Propinsi ……... Pada :  
                       


Hari / Tanggal       : ……. 
Bulan                     : …….
Tahun                    : ……



Pengelola Perpustakaan
……………………..




_____________________
Penyusun





……………………
NIP. ..............................


Mengetahui

Kepala ……………..




……………………..
NIP. ………………………



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan serangkaian kegiatan penelitian Tindakan Kelas dan menuliskan laporan hasil pelaksanaannya dengan judul:Peningkatan Prestasi Belajar matematika dengan Menerapkan Metode Cooperative Learning Model Make A Match Kelas ………..  …………. tahun pelajaran …………….
Adapun tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas  ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam penetapan angka kredit dalam jabatan fungsional bagi guru.  
Penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian penulisan penelitian tindakan kelas ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan berbagai pihak.Untuk itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang setulus tulusnya dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada :
1.      Kepala ..........
2.      Rekan rekan Guru ......................   
3.      Siswa Kelas ......................
Penulis menyadari, apa yang disajikan dalam laporan PTK  ini tentunya masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat dihargai. Demi perbaikan tugas tugas di masa yang akan datang.
Demikian semoga penelitian tindakan kelas ini bermanfaat bagi pembaca.  Amiin.


…………… , …………………

 Peneliti




……………………
 NIP. .....................




DAFTAR ISI

1.      Halaman Judul
2.      Halaman Pengesahan
3.      Kata Pengantar
4.      Daftar Isi
5.      Daftar Tabel
6.      Abstrak
7.      BAB I       : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Batasan Masalah
C.     Rumusan Masalah dan Pemecahan Masalah
D.    Tujuan Penelitian
E.     Manfaat Penelitian
8.      BAB II      : KAJIAN PUSTAKA
A.    Prestasi Belajar Siswa
B.     Hakekat Pembelajaran Matematika di
C.     Metode Cooperative Learning Model Make A Match
D.    Kerangka Berpikir
E.     Hipotesis Tindakan
9.      BAB III    : METODE  PENELITIAN
A.    Subyek Penelitian
B.     Setting Penelitian
C.     Rancangan Penelitian
D.    Variabel Penelitian
E.     Sumber Data dan Teknik Pengumpulan Data
F.      Indikator Keberhasilan
G.    Teknik Analisis Data
H.    Jadwal Pelaksanaan Penelitian
10.  BAB IV    : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Paparan Data dan Temuan Penelitian
B.     Analisis Hasil Penelitian
C.     Pembahasan Hasil Penelitian
11.  BAB V      : PENUTUP
A.    Simpulan
B.     Saran – Saran
12.  DAFTAR PUSTAKA
13.  LAMPIRAN

DAFTAR TABEL


1
TABEL 3.1  :
Jumlah dan nama siswa kelas……....................................

2
TABEL 3.2  :
Jadwal Pelaksanaan Penelitian.........................................

3
TABEL 4.1  :
Tabel Distribusi Nilai tes Pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Metode Cooperative Learning Model Make A Match Pada  Siklus I..................

4
TABEL 4.2  :
Tabel Distribusi Nilai tes Pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Metode Cooperative Learning Model Make A Match Pada  Siklus II………..

5
TABEL 4.3  :
Tabel Distribusi Nilai tes Pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Metode Cooperative Learning Model Make A Match Pada  Siklus III……….

6
TABEL 4.4 :
Analisis Hasil Tes Tentang Pembelajaran Matematika menerapkan Metode Cooperative Learning Model Make A Match …………………………………………………



DAFTAR  LAMPIRAN

1
LAMPIRAN :  1
Surat Ijin Penelitian.......................................................
48
2
LAMPIRAN :  2
Surat Keterangan Penelitian..........................................
50
3
LAMPIRAN :  3
Daftar hadir Siswa dalam Kegiatan Penelitian………
51
4
LAMPIRAN :  4
Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Cooperative Learning Model Make A Match................
53
5
LAMPIRAN :  5
Foto - Foto Kegiatan Selama Penelitian........................
57


ABSTRAK

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL MAKE A MATCH KELAS  ……………………………. TAHUN PELAJARAN …………….

Oleh :
………………………..



Selama ini fakta yang terjadi dalam pembelajaran Matematika , apa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataannya, karena dalam setiap kegiatan evaluasi, prestasi belajar siswa selalu rendah dan sulit untuk mencapai KKM. Di .................................... rata-rata dari hasil evaluasi pembelajaran Matematika , hanya 55% dari 26 siswa yang mencapai KKM (65). Rendahnya prestasi belajar siswa merupakan indikasi bahwa pembelajaran Matematika  selama ini belum dilakukan secara maksimal.
                                     
Oleh karena itu sangat penting dilakukan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode yang tepat yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran. Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode Cooperative Learning model  Make A Match dalam pembelajaran Matematika , sehingga dengan penelitian ini diharapkan prestasi belajar siswa .................. ..................dapat meningkat.

Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan pembelajaran Cooperative Learning model  Make A Match di ...................

Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 60,77% pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 70,77 % dan siklus 3 mencapai 80,77  % ,dan  secara klasikal telah mencapai ketuntasan.

Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan Cooperative Learning model  Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa .................. dengan ketuntasan mencapai 100 %, tanggapan siswa adalah sangat positif pembelajaran dengan menggunakan Cooperative Learning model  Make A Match diterapkan pada siswa di ...................


Kata Kunci : Prestasi belajar Siswa, Pelajaran Matematika, Cooperative Learning model  Make A Match

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa dijenjang pendidikan dasar dan menengah. Dengan pembelajaran Matematika diharapkan siswa dapat memiliki sikap peka dan tanggap untuk bertindak secara rasional dan bertanggung jawab dalam memecahkan masalah dalam kehidupannya. Seorang guru sekolah  dasar  harus  dapat memahami dengan benar apa, mengapa, dan bagaimana pelajaran Matematika ........... yang sebenarnya, sehingga dapat mengelolah pembelajaran Matematika dengan baik untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan.
Selama ini fakta yang terjadi dalam pembelajaran Matematika, apa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataannya, karena dalam setiap kegiatan evaluasi, prestasi belajar siswa selalu rendah dan sulit untuk mencapai KKM. Di .................. siswa kelas .......rata-rata dari hasil evaluasi pembelajaran Matematika, hanya 55% dari 26 siswa yang mencapai KKM (65). Rendahnya prestasi belajar siswa merupakan indikasi bahwa pembelajaran Matematika selama ini belum dilakukan secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
1.         Metode pembelajaran yang selalu berpusat pada guru dan tidak bervariasi.
2.         Jarang menggunakan alat peraga dalam pembelajaran
3.         Rendahnya motivasi dan minat belajar siswa terhadap pelajaran Matematika.
4.         Beratnya beban materi dalam pembelajaran Matematika.
Dari beberapa faktor penyebab tersebut, salah satu yang paling  berpengaruh adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan selalu berpusat pada guru yang menjadi penyebab utama rendahnya prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Oleh karena itu sangat penting dilakukan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode yang tepat yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran. Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode Cooperative Learning model  Make A Match dalam pembelajaran Matematika, sehingga dengan penelitian ini diharapkan prestasi belajar siswa kelas ......................... dapat meningkat.
Berdasarkan hal tersebut perlu melakukan penelitian tindakan dengan judul penelitian ; “ Peningkatan Prestasi Belajar matematika dengan Menerapkan Metode Cooperative Learning Model Make A Match Kelas ....... di .................. Tahun Pelajaran ........... “.

B.       Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Siswa yang diteliti adalah siswa kelas ......................... Tahun Pelajaran ............
2.      Prestasi belajar dalam penelitian ini adalah hasil yang diperoleh siswa setelah proses pembelajaran melalui tes formatif.
3.      Metode Cooperative Learning model Make A Match dalam penelitian ini adalah salah satu metode dalam pembelajaran yang dalam penerapannya siswa bekerja secara berpasangan.

C.      Rumusan Masalah dan Pemecahan Masalah
1.      Rumusan Masalah
Dari uraian tersbut di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
a)      Bagaimana Peningkatan Prestasi Belajar dengan Menerapkan Metode Cooperative Learning Model Make A Match dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas .......di .................. Tahun Pelajaran 2010 – 2011 ?
b)      Bagaimana efektivitas penerapan Metode Cooperative Learning Model Make A Match dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika kelas ......................... tahun pelajaran ...........?

2.      Pemecahan Masalah
Masalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika  akan diatasi dengan menerapkan metode Cooperative Learning model Make A Match. Langkah –langkah penerapannya sebagai berikut :
a.       Guru menyiapkan beberapa kartu yang beberapa konsep untuk sisi review, satu bagian kartu soal dan satu bagian lainnya kartu jawaban.
b.      Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban.
c.       Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegangnya.
d.      Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya.
e.       Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
f.       Jika siswa tidak dapat mencocokkan kartunya (tidak dapat menemukan kartu soal/kartu jawaban), akan mendapat hukuman (yang telah disepakati bersama).
g.      Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapatkan kartu yang berbeda dari sebelumnya demikian seterusnya.
h.      Siswa juga dapat bergabung dengan dua atau tiga siswa lainnya yang memegang kartu yang cocok.
i.        Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan terhadap materi pembelajaran.

D.      Tujuan Penelitian
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1.      Bagaimana Peningkatan Prestasi Belajar dengan Menerapkan Metode Cooperative Learning Model Make A Match dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas ......................... Tahun Pelajaran ............
2.      Bagaimana efektivitas penerapan Metode Cooperative Learning Model Make A Match dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika kelas ......................... tahun pelajaran ............

E.     Manfaat Penelitian
Manfaat  yang diharapkan dari penelitian ini adalah :
1.      Bagi Siswa
-          Prestasi belajar siswa dapat meningkat sesuai KKM
-          Pembelajaran Matematika menjadi menyenangkan.
2.      Bagi Guru
-          Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan inovatif.
3.      Bagi Sekolah
-          Kualitas pendidikan di ..................  menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar